Skip to main content

Posts

Showing posts from January, 2017

3 Tips sukses membuat jajanan pasar: Drama Kue Cucur

Pada tahu "kue cucur" kan? Aku sih bilangnya gitu, pokoknya intinya itu kue yang dari tepung beras dan gula merah yang diaduk, terus digoreng. Kelihatannya kaya simpel ya, tapi buatnya gak segampang itu, bestieeeee... T.T Cerita di mulai, saat salah satu platform (sebut saja Yummy app... eits, ketahuan dong...hehe gak apa-apa sekalina promosi) tempat aku rajin bikin-bikin konten masak, kasih tantangan buat bikin makanan khas nusantara. Memeriahkan 17an gitu.... Dan tetiba kue cucur begitu aja split diotakku. Padahal makan aja cuma kadang-kadang apa lagi bikin. Jadi judulnya nekat. Tapi... sambil deg-degan takut gagal, tetep gaskeun buat maju pantang mundur (untungnya bukan ikutan Masterchef, kalau ya...kayanya udah macam makanan yang langsung dilepehin juri...hehe) Dan setelah sekian kali percobaan di wajan akhirnya, taraaaa... gak buruk sih: ( Kue Cucurku yang penampakannya lumayan menggoda) Sayangnya, sisa lainnya yang gagal gak aku foto, takut dibuli netizen (canda...). Ha

Resep Perkedel Jagung ( a.k.a Bakwan Jagung ) Kriuk

🌽🌽🌽 Karbohidrat alternatif yang lebih menyehatkan di banding nasi putih, jagung. Dulu yang saya tahu jagung hanya terdiri dari dua jenis, yaitu jagung tidak manis dan jagung manis 😝... ternyata cukp banyak dan variatif, menurut wikipedia.org ada 7 jenis jagung: 🌽 Tunicata ( Podcorn , jagung bersisik, merupakan kelompok kultivar yang dianggap paling primitif) 🌽 Indentata ( Dent , jagung gigi-kuda) 🌽 Indurata ( Flint , jagung mutiara) 🌽 Saccharata ( Sweet , jagung manis) 🌽 Everta ( Popcorn , jagung berondong ) 🌽 Amylacea ( Floury corn , jagung tepung ) 🌽 Glutinosa ( Sticky/glutinuous corn , jagung ketan) Jagung juga sangat baik ternyata untuk kesehatan, selain menambah energi, jagung juga dapat menurunkan kolesterol, menghindari diabetes juga hipertensi ( karena di dalamnya mengandung phenolic phytochemicals. ), dan sebagainya. Kali ini saya mau mengolah jagung menjadi sebuah makanan yang simpel dan enak dijamin kriuk dan ngga melempem, this is it "Resep  Pe

Resep Balado Ikan Kembung

Ikan apa yang masuk angin? ☝ikan kembung☝😁... Haduh,  entah tahun kapan saya pernah denger komedi kaya gini,  pas saya SD kayanya.. Haha Ikan kembung adalah salah satu ikan laut yang paling sering saya masak,  karena ketersediaan di warung sayur selalu ada 😊 Layaknya ikan laut pada umumnya,  ikan kembung pun tinggi minyak esensial yang baik untuk otak,  tekstur ikan kembung cukup lembut,  dan menurut saya ikan laut yang paling banyak durinya πŸ˜… Balado adalah resep khas Padang dengan dominan rasa cabe dan bawang,  aromanya khas dan bikin nambah nasi.. 😝 Kali ini saya langsung eksekusi aja resep balado ikan kembung,  cara masaknya relatif gampang, yuk mari.... Waktu memasak: 45 menit Porsi: 2-3 orang Bahan: 🐟 3 ekor ikan kembung ukuran sedang,  bersihkan,  kucuri jeruk nipis dan garam. 🐟 2 lembar daun salam 🐟 1 batang serai, geprek 🐟 2 ruas lengkuas,  geprek 🐟 1/2 sdt garam 🐟 minyak untuk menggoreng dan menumis Bumbu halus: 🐟 50 gr cabe merah 🐟 4 siung

Resep Tahu Bubuk

Tahu adalah sumber protein yang baik, terbuat dari kacang kedelai yang dihaluskan, membuat tekstur tahu sangat lembut di lidah. πŸ‘…πŸ‘…πŸ‘… Harga tahu juga sangat terjangkau,  serta mudah di temukan di pasar atau di tukang tahu keliling. Setahu saya,  jenis tahu yang banyak ditemukan di pasar adalah tahu putih dan tahu kuning. Tahu putih rata-rata dijadikan bahan campuran misal pada batagor, nugget tahu, tahu crispy dan lain-lain, karena rasanya kebanyakan hambar, dan siap diolah dengan bumbu-bumbu yang dikehendaki. Sedangkan tahu kuning, biasanya sudah ada rasanya minimal asin, meski hanya samar-samar. Dan warna kuning dari kunyit. Cocok untuk di goreng langsung, dll karena pada dasarnya sudah diberi bumbu. Nah untuk jenis tofu jepang, sejujurnya sih saya belum pernah coba mengolahnya, tapi next mungkin akan saya coba😁 Kali ini saya akan masak tahu kuning menjadi hidangan yang lezatoss..yuk, mari cek resep tahu bubuk... Waktu memasak: 30 menit Porsi: 3-4 orang Bahan: 🍴

Resep Ati Ampela Bumbu Kuning

Tempo hari saya sudah buat resep ati ampela masak kecap ,  yang rasanya manis-manis gimana gitu. Masakan manis biasanya datang dari nuansa kuliner Jawa ya,  kali ini saya akan masak lagi,  masih sama dengan nuansa Jawa,  tapi Jawa nya Jawa Barat πŸ˜‰ Secara spesifik untuk masakan Jawa barat rata-rata rasanya asin dengan bumbu yang tidak terlalu nendang kaya masakan Padang misalnya,  namun Sejujurnya rasanya yang sederhana bikin kangen, trust me u'll love it ✌πŸ‘ Secara literasi, resep ini sebenernya hasil modifikasi,  atau turunan dari resep aslinya,  kalo aslinya itu sebenernya pepes ati ampela,  karena rasanya pun gak beda jauh.  Well,  cap cus,  sis... Waktu memasak: 45 menit Porsi : 2-3 orang πŸ” 3 pasang Ati ampela,  bersihkan πŸ” 40 gr daun kemangi πŸ” 1 batang serai, geprek πŸ” 2 lembar daun salam πŸ” 2 ruas jahe,  geprek πŸ” 2 ruas lengkuas, geprek πŸ” 10 buah cabai hijau keriting, iris πŸ” 1 batang daun bawang, iris πŸ” 1/2 sdt merica bubuk πŸ” 1/2 sdt kunyit b

Sempol Ayam ( Khas Malang )

Kalau di Bandung yang lagi happening adalah "Tahu Bulat" saking populer samapai ada game nya segala di app store, hal yang sama sempat beberapa tahun lalu terjadi pada "Cimol", intinya cemilan-cemilan yang booming memiliki satu ciri khas yang sama: Banyak yang jual, sampai-sampai setiap tikungan ada. 🍒🍒🍒 Konon menurut temen-temen yang ada di kota Malang sana, "Sempol Ayam" ini sedang hot banget, hampir di setiap keramaian ada yang jual jenis cemilan ini, biasa di jual sama mas-mas yang pake motor, ada juga yang di gerobak.πŸŽͺπŸŽͺπŸŽͺ Saya penasaran banget sama rasanya, dan gak mungkin juga harus pergi ke Malang dulu, ya kan. Untung lah ada teknologi yang membuat jarak dan batas menjadi tiada πŸ˜†, nemu juga resep sempol khas Malang ini, yukkkk...mari icip-icip...😚 Waktu memasak: 45 menit Porsi: 11 buah Bahan: 🍒 150 gr Ayam cincang 🍒 60 gr Tepung Tapioka (Kanji) 🍒 30 gr Tepung terigu (serbaguna) 🍒 1/2 sdt Merica bubuk 🍒 1/2 sdt Bawang put

Resep Schotel Makroni Kukus Simpel (MPASI 24+)

Pengen bikin schotel yang kaya di undangan nikahan gitu,  cuma kendalanya perlu bahan-bahan dan buatnya sepertinya sedikit ribet, berhubung anak keburu laper,  ya udah eksekusi langsung dalam tempo yang sesingkat-singkatnya😁 Alhasil cari yang cepet, less salt, less sugar, dan kurang bumbu (anak saya suka protes juga kalo dalam makanan ada bawang, dll😰) padahal udah dibilangin, makanan ga ada bumbu rasanya kaya hidup tanpa kamu...iya, kamu! eaaaaaaaπŸ˜‚ Jadi tolong jangan protes, kalo rasanya agak kurang-kurang apa gitu, maklum schotel edisi ini emang spesial for kidsπŸ‘ΆπŸ‘¦πŸ‘§. Tapi so far, adult friendly juga sih rasanya..hehe Yukk, mom😚 Waktu memasak: 45 menit Porsi: 5 buah Bahan: 🍝 200 gr makroni 🍝 400 ml susu segar 🍝 1 siung bawang butih,  iris 🍝 1/2 siung bawang bombai,  iris 🍝 120 kornet 🍝 1 butir telur (makin banyak telur,  schotel makin kokoh teksturnya, ada yang ganti telur dengan tepung.  Kalo saya lebih suka yang creamy) 🍝

Resep Perkedel Daging Kelapa ( Khas Banten )

Sumpah, saya baru pertama kali coba menu ini, dan sumpah enak banget !πŸ‘Œ, saya gak tahu menu macam apa ini, karena di Bandung menu ini memang gak familiar dan mungkin hampir tidak di kenal😁 dan saya bersyukur, bisa berkenala, salam kenal ya menu khas Banten!πŸ‘πŸ˜„ Belakangan setelah saya baca sana sini, saya tahu bahwa resep perkedel daging ini khas Banten, walaupun pertama kali saya coba ini di daerah Cianjur..hehe Yang unik dari resep perkedel daging khas banten adalah campuran daging dan kelapa, saya pernah coba menu yang mirip-mirip di Jerman, sejenis perkedel, tapi isinya full daging cincang. Apakah resep ini  dipengaruhi juga resep eropa? hmm..saya juga kurang tahu, tapi bisa jadi sih, saat penjajah Belanda itu di siniπŸ˜€ Mama cantik, penasaran dengan rasanya? kalau begitu, yuk mari cusss aja bikin perkedel daging khas Banten ini🌴🌴🌴 Waktu memasak: 45 menit Porsi: 15 buah Bahan Bola Daging: πŸ› 100 gr  Daging Sapi Cincang πŸ› 100 gr Kelapa parut, sangrai πŸ› 1 siung B

Resep Ati Ampela Bumbu Kecap ( Semur )

Biasanya makanan ati paling sering diberikan kepada bayi yang baru belajar makan, hal ini masih kontroversi sih, karena ati juga tempat di mana racun-racun pada tubuh ayam disaring ( fungsi hati salah satunya menyaring racun dan zat asing dalam tubuh ). Tapi lepas dari itu, kandungan zat besi dalam ati cukup banyak, disamping vitamin lainnya seperti vitamin A, C, dan E. 😌 Pasangan ati adalah ampela, cukup enak untuk pasangan bubur ayam ya. Rasanya yang gurih mungkin salah satu faktor utama kenapa orang-orang banyak menyukainya. Namun kali ini saya tidak akan mengolah ati ampela untuk pelengkap bubur ayam, melainka memasaknya dalam nuansa yang manis πŸ˜šπŸ˜›, ini dia resep ati ampela bumbu kecap a.k.a semur ati ampela. Lama memasak: 45 menit Porsi: 2-3 orang Bahan: πŸ” 4 Pasang ati ampela, bersihkan. πŸ” 2 Lembar daun salam πŸ” 1 Batang serai, geprek πŸ” 2 Ruas Lengkuas, geprek πŸ” 3 Butir cengkeh πŸ” 4 Sendok kecap manis πŸ” 65 ml santan instan πŸ” 500 ml air πŸ” 1/2 sdt merica

Resep Dadar Telur Simpel

Kalau saya pribadi, telur adalah bahan makanan yang selalu wajib ada di kulkas, dan memang selalu cepat-cepat restock kalo habis 😜 karena telur sangat mudah dibuat kalau sedang darurat lapar, bisa di ceplok, di dadar, di orek, atau ingin ini ingin itu banyak sekali. πŸ˜‹ Telur mengandung banyak protein dan juga lemak, dan banyak lagi kandungan gizi yang lain. Telur sangat mudah dibuat dan cocok untuk semua makanan terutama masakan yang basic nya sayur bening..hehe. kali ini saya akan bikin resep dadar telur yang simpel ala keluarga saya, selamat mencoba!πŸ˜‰ Bahan: 🍳 2 Butir Telur 🍳 2 Siung bawang merah. iris 🍳 Sejumput garam dan merica 🍳 2 sdm minyak untuk menggoreng Cara: 🍳 Campurkan telur, iris bawang merah, merica, dan garam. kocok hingga merata. 🍳 Panaskan minyak di teflon, dan goreng telur hingga kaku, lalu balikan untuk mematangakan sisi yang lain. 🍳 Angkat dadar telur, dan resep dadar telur simpel pun siap di sajikan. Pelengkap: 🍳 Aneka sayuran berkuah,

Resep Sayur Bening Timun Bakso (MPASI 24+)

Mentimun atau timun adalah sejenis sayuran dengan kandungan air cukup banyak, sehingga sering digunakan sebagai bahan penyejuk. Sebagai perawatan kecantikan, timun memiliki banyak manfaat untuk kulit dan juga dapat mengurangi kantung mata. πŸ’†πŸ’πŸ’ Sedangkan sebagai kudapan, timun dikenal luas dapat menurunkan tekanan darah tinggi untuk penderita hipertensi, juga sebagai penyegar ketika panas dalam. Timun biasa di makan segar sebagai lalaban, di kukus, maupun di sayur. Kali ini saya akan mencoba mengolah timun menjadi salah satu hidangan sayur yang nikmat, ini dia resep sayur bening timun bakso: Waktu memasak: 30 menit porsi: 2 - 3 orang Bahan: 🍲 3 buah timun ukuran sedang ( sekitar 200 gr ) 🍲 10 buah bakso ukuran kecil, bagi 4 ( atau sesuai selera ) 🍲 3 siung bawang merah, iris 🍲 2 siung bawang putih, iris 🍲 1 lembar daun salam 🍲 2 ruas lengkuas, geprek 🍲 2 sdm minyak untuk menumis 🍲 garam secukupnya 🍲 800 ml air Cara: 🍲 Cuci bersih timun, kemudian poton

Resep Comro (Khas Sunda) vs Comro Keju

Comro adalah jenis makanan ringan khas orang sunda, bahan utama comro klasik tentu saja singkong dan oncom, comro sendiri murupakan kependekan dari " oncom di jero " ( oncom di dalam ), karena cara pembuatannya sendiri meletakan oncom di bagian tengah adonan singkong. Iseng-ising, saya ingin coba kombinasi, makana tradisional rasa eropa, dengan memasukan keju sebagai isiannya, ikutan latah sih sebenernya, kan sekarang dikit-dikit pake modif, bakso isi keju, cireng isi keju πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Namanya mungkin bukan lagi comro kali ya...? hehe singkong keju?? hmm... Saya pake keju cheddar, sebenernya lumayan meleleh, tapi kalo pake mozarella kayanya bisa lebih gereget kali ya, maybe next.. πŸ˜™. Ya sudah, ini dia Resep Comro ( khas sunda ) rasa eropa πŸ˜„ Waktu memasak: 45 menit Porsi: 22 buah Bahan Comro 🍘 800 gr singkong, parut 🍘 1 Siung bawang putih 🍘 1 sdt Garam 🍘 1 Batang bawang daun Cara: 🍘 Parut singkong, masukan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan baw

Resep Batagor Ikan Dori

Siapa yang sudah pernah nonton film "Finding Dory"? πŸ‘† Si biru strip kuning yang menggemaskan ya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†. Ikan dori memiliki tekstur daging yang empuk tidak berbau amis dengan warna yang putih bersih, ikan dori hidup di laut, dan banyak di jual dalam bentuk filet. Ikan dori sering menjadi alternatif makanan bayi selain ikan salmon, karena tekstur daging lembut serta memiliki kandungan gizi yang baik, antara lain adalah: omega-3, DHA, EPA, yodium, zat besi, magnesium, taurin, selenium, dan banyak lagi,🐟🐟🐟 Batagor adalah makanan khas Bandung yang diolah dari bahan baku ikan yang dibalut kulit pangsit atau tahu nan lezat, ikan yang digunakan dalam makanan Batagor sebagian besar adalah ikan tenggiri. Untuk kali ini saya akan menampilkan sesuatu yang beda, bagaimana jika batagor kali ini menggunakan ikan dori sebagai bahan baku utama? Ini dia Resep Batagor Ikan Dori: Waktu memasak: 45 Menit Porsi : 14 Buah 🐠 100 gr Ikan Dori (filet) 🐠 100 gr Tepung sagu

Tumis Kikil

Kenyal-kenyal gurih itu lah salah satu karakter dari kikil. Kikil sangat identik dengan bagian yang terdapat pada kaki sapi, teksturnya yang kenyal, banyak mengandung kolagen, salah satu manfaat mengkonsumsi kikil yaitu karena adanya kandungan kolagen yang tinggi tersebut, yang dapat mempertahankan elastisitas kulit. Kikil juga mengandung selenium, sejenis mineral aktif yang dapat mengoptimalkan enzim antioksidan, yang dapat membantu mencegah radikal bebasa penyebab segala penyakit, seperti kanker, dan sebagainya. Hmm... kali ini saya akan mengolah kudapan kikil menjadi salah satu tumisan, berhubung di rumah tidak ada stok cabai hijau ( biasanya pasangan tumisan ini adalah cabai hijau ), jadi saya coba saja olah dengan cabe merah, dan ternyata rasanya juga tetap lezat, dan bahkan lebih pedas,,,😜. well, ini dia resep tumis kikil: Waktu memasak: 30 menit Porsi: 2 - 3 orang Bahan: πŸ„ 250 gr kikil πŸ„ 10 gr cabe merah, iris πŸ„ 1 sm gula merah bubuk ( sekitar 10 gr ) πŸ„ 5 si

Resep Oseng Genjer Saus Oncom (Khas Sunda)

Awalnya saya pikir "genjer" dan "eceng gondok" sama, ternyata beda...hehe. Setelah saya baca, ternyata genjer merupakan salah satu penyumbang terbanyak serat dalam hidangan, selain itu terkandung juga beberapa zat lainnya seperti protein, kalsium, fosfor, dan zat besi. Genjer memang tidak setenar jenis sayuran lain seperti kangkung atau bayam, namun di beberapa daerah tanaman ini masih sering di olah menjadi santapan. Oncom merupakan hasil fermentasi beberapa jenis kapang, sistem yang digunakan adalah peragian. Oncom banyak dikenal di daerah jawa barat, jenis oncom pun terdiri dari beberapa jenis antara lain oncom berbahan baku kacang tanah dan bahan baku"ampas tahu". Dapat dilihat dari teksturnya, untuk kualitas terbaik tentu oncom yang berbahan baku kacang tanah. Nah, kali ini saya akan coba memasak masakan khas jawa barat " Oseng Genjer Saus Oncom" atau dikenal juga oseng genjer oncomπŸ˜‹ Waktu memasak: 30 menit Porsi : 2 - 3 orang

Resep Udang Saus Inggris

Udang, siapa yang tak kenal? ini adalah salah satu seafood favorit saya. Udang mengandung omega 3, serta beberapa mineral seperti kalsium dan iodiun, juga mengandung protein dan koresterol ( oops!😜), tapi tak perlu khawatir korestelor yang terkandung dalam jeroan lebih Jahat!😚, udang memiliki rasa gurih alami, jadi ketika memasak udang ga perlu ya tambah-tambah mecin lagi...masakan tanpa MSG lebih sehat dan rasa alami dari masakan itu sndiri jadi ga pudar ya, bunda. Kabar baik lainnya, udang mengandung sedikit lemak dan memiliki kadar kalori rendah, udang rebus banyak dijadikan santapan orang-orang penggiat diet, karena tidak menimbulkan tubuh lebih gemuk ( udang bisa bikin gumuk juga sih kalo temennya udang nasi satu bakul πŸ™ˆπŸ™‰πŸ™Š ). Omong kecap inggris, ternyata kecap ini dihasilkan dari bahan rempah dan fermentasi ikan anchovy ( nama kampung ikan ini: ikan teri...seriusan!hehe), kaya si Ijah kalo dateng ke inggris namanya berubah jadi Audrey...πŸ˜§πŸ˜‚, asal kecap inggris ya dar

Resep Terong Cabai Hijau

Terong πŸ†πŸ†πŸ†, sejauh ini saya hanya tau warna ungu dan hijau, namun tetnyata masih ada jenis lainnya. Untuk terong ungu biasanya terhidang dalam bentuk tetong balado, sayur lodeh, atau terong goreng. Sedangkan terong hijau sangat cocok dijadikan lalaban, rasanya agak sedikit manis menurut saya dan banyaknya hambarπŸ˜„ Terong sangat mudah teroksidasi, pernah lihat warna dagingnya berubah kehitaman tidak lama setelah di belah? Itu karena zat yang terkandung mudah bereaksi dengan udara, jadi jika tidak akan langsung di masak lebih baik tidak perlu di porong-potong, tapi untuk rasa memang tidak terlalu berpengaruh, apakah warnanya sudah menghitam atau masih segar. Karena di rumah ada terong hijau, tadinya untuk teman ayam goreng, tapi satu dan lain hal masih bersisa, dan diam-diam nyontek sana sini, ternyata terong hijau pun bisa di tumis seperti terong ungu, ini dia resep tumis terong cabe hijau. Waktu memasak: 30 memit Porsi: 2 - 3 orang Bahan: πŸ†200 gr terong hija

Resep Sayur Bening Sawi Tahu (MPASI 24+)

Sayur adalah salah satu sumber serat dan protein yang baik, sedangkan sawi sendiri kaya akan mineral, dalam 100 g sawi segar mengandung mineral kalsium ( 105 mg ) dan kalium ( 252 mg ) yang cukup tinggi, baik untuk kesehatan tulang, selain itu sawi juga seperti halnya sayuran hijau lainnya banyak mengandung serat dan klorofil, yang juga sangat baik untuk kesehatan, khususnya untuk menangkal radikal bebas dan zat-zat pemacu kanker. 🌱🌱🌱 kali ini saya akan coba mengolah sawi hijau yang kaya vitamin dan mineral menjadi sebuah menu sayur bening yang lezat dan sarat gizi, menu kali ini pun cocok sebagai makanan pendamping asi untuk anak usia 24 bulan ke atas. Ini dia "Resep Sayur Bening Sawi Tahu". Waktu memasak: 30 menit Porsi: 1- 3 porsi Bahan: 🍲 1 ikat sawi ukuran sedang ( sekitar 200 gr ) 🍲 5 buah tahu kuning 🍲 800 ml air 🍲 3 siung bawang merah, iris 🍲 2 siung bawang putih, iris 🍲 1 sendok kaldu bubuk ( untuk lebih sehat dapat gunakan yang non-MSG) 🍲

Kering Tempe

Tempe adalah salah satu sumber proteni nabati yang sama baiknya dengan protein hewani, tempe juga sering dijadikan alternatif makanan pengganti protein untuk orang yang melakukan diet vegetarian. Bahkan beberapa sumber mengklaim bahwa kandungan protein dalam 100 gram tempe ( 20, 8 g/  kkl ) lebih besar dari kandungan 100 gram daging ( 17, 5 g/ kkl), info ini di dapat dari food.detik.com. Semua juga pasti sepakat, untuk soal harga sumber protein yang satu ini sangat sangat sangat  tejangkau, dan ready setiap hari di pasar atau tukang sayur keliling, ya sis πŸ˜‰. Kali ini saya akan mencoba mengolah tempe, menjadi salah satu jenis hidangan bergizi, dan juga bisa disimpan dalam waktu yang sedikit lebih lama dari pada tumisan ya, asalkan stoples yang bunda pakai kedap udara. This is it " Kering Tempe ". Waktu memasak: 45 menit Porsi : 2 - 4 porsi Bahan: πŸ• 400 g tempe, potong sebesar korek api, kemudian goreng kering. πŸ• 100 g kacang tanah ( optional, bisa juga diganti s

Ayam Goreng Serundeng

Ayam goreng....πŸ—πŸ—πŸ— menu yang mungkin paling sering tampil di piring keluarga, iya kan? selain harganya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan protein hewani berbasis daging merah, ketersediaan ayam cenderung stabil di pasaran, sehingga jarang mengalami lonjakan harga yang berarti ( ga kayak BBM kali ya...😊) Bagian ayam yang memiliki lemak paling sedikit adalah bagian dada, sedangkan untuk rasa yang lebih gurih dapat memilih bagian paha, dan untuk hasil yang sangat-sangat gurih lagi, kulit ayam juga sering digunakan, karena pada bagian paha dan kulit terkandung lebih banyak lemak.  Jenis ayam yang terbaik tentu saja ayam organik ( ayam kampung ) dibandingkan ayam negeri, namun jika harus mengkonsumsi ayam negeri 🐀🐀🐀, saya sih kadang suka mengolahnya dua kali, setelah dicuci bersih dan dikucuri jeruk nipis, saya biasa merebusnya dulu setengah matang, sampai keluar busa-busa pada air rebusan, kemudian saya buang air rebusan pertama itu dan siap diolah untu

Oseng Kangkung Saus Tiram

Waktu memasak: 15 menit Porsi: 1- 2 orang Bahan: 🌿1 ikat kangkung 🌿1 sm saus tiram 🌿½ buah bawang bombai, iris 🌿2 siung bawang merah, iris 🌿1 siung bawang putih, iris 🌿1 buah cabe mereah, iris 🌿1 buah tomat ukuran kecil, potong 2 bagian 🌿2 sendok makan minyak untuk menumis 🌿50 ml air 🌿Garam dan gula secukupnya. Cara: -        🌿 Panaskan minyak untuk menumis bumbu iris, masukan semua bumbu dan aduk hingga harum. -        🌿 Beri sedikit air tunggu agak panas, kemudian masukan kangkung,   dan siap disajikan. Pelengkap: 🍚 Nasi, πŸ— ayam goreng , 🐟 pesmol ikan kembung , πŸ™ asin cumi cabe hijau, 🐟 balado jengkol teri, dan lain-lain

Pesmol Ikan Kembung

Waktu memasak: 45 menit Porsi: 1 – 3 porsi Bahan: 🐟 250 gr ikan kembung ukuran kecil ( biar dapetnya banyak..hehe ) 🐟 1 buah jeruk nipis 🐟 5 lembar daun jeruk sobek-sobek 🐟 2 lembar daun salam 🐟 1 batang sereh yang putihnya aja, geprek 🐟 2 ruas lengkuas, ge prek 🐟 200 ml air 🐟 ¼ st lada bubuk 🐟 1 tangkai bawang daun 🐟 1 buah cabe merah, iris 🐟 10 buah cabe rawit ( atau sesuai selera) 🐟 Minyak untuk menggoreng dan menumis secukupnya 🐟 Garam dan gula secukupnya Bumbu halus: 🐟 3 butir kemiri sangrai 🐟 4 siung bawa ng merah 🐟 2 siung bawang putih 🐟 2 ruas jahe 🐟 3 ruas kunyit, bakar Cara: -         🐟   Cuci bersih ikan kembung, kucuri jeruk nipis dan garam, diamkan sekitar 15 menit, lalu goreng. Sisihkan. Sambil menunggu haluskan bumbu. -          🐟 Masukan kurang lebih 4 sendok minyak sayur sisa menggoreng ikan untuk menumis, masukan bumbu halus, cabe merah, cabe rawit, lengkuas, salam, sereh, dan laja, tum

Popular posts from this blog

Review: Keju Kraft All In One

Kraft adalah keju pertama yang aku kenal, dulu itu ada keju judulnya "Qeju" dan rasanya menurut aku sama banget kaya Kraft keju cheddar, aku pikir Qeju udah ganti nama, ternyata nggak dan kayanya satu pabrik sama Kraft, merek Qeju emang agak jarang. (Keju Kraft All in one) Kalau di lihat-lihat keju Kraft emang agak pricey di kelasnya, kalau merek lain ada yang bisa jual harga keju sejenis under 15K, keju Kraft dengan jenis keju yang sama "Cheddar" itu sekitar 17K, apalagi kalo varian quick melt bisa di atas 20K. Karena itu, kadang ibu-ibu yang dituntut pinter berhitung, kebanyakan pasti milih yang murah dong apalagi kalau rasanya gak beda jauh (pengalaman banget...hehe). Mungkin karena melihat trend pasar yang seperti itu, akhirnya Kraft mengeluarkan varian keju Kraft ekonomis yang dikasih judul Kraft All in One. Mungkin maksudnya All in One, harga yang terjangkau bikin keju Kraft bisa dinikmati semua orang. Dan pastinya bisa digunakan sebagai keju serbaguna, dan

Review: Royco Kaldu Jamur Non MSG

Wah.... sekarang kaldu jamur tanpa penguat rasa makin banyak pilihan... tidak hanya kaldu jamur Totole (sudah jadi favorit selama bertahun-tahun..🀭), ternyata brand yang udah ga asing lagi di dunia permasakan juga mengeluarkan versi kaldu "tanpa MSG". Padahal umumnya kaldu-kaldu semacam ini sarangnya MSG ya..πŸ˜… Gak ada masalah juga sih sama MSG, tapi kalau aku pribadi selama ada kaldu sejenis tanpa MSG pastinya aku pilih opsi ini. Kebetulan banget Royco udah bukan merek kaleng-kaleng buat menambah citra rasa makanan, makanya seneng aja pas denger brand ini mengeluarkan kaldu non MSG. Aku beli di official store nya disini , sering banget diskon, dan sekalian aja aku beli buat keperluan dapur lainnya, biar praktis gak usah antri di kasir supermarket.   (Royco Kaldu Rasa Jamur) Dari bungkusnya ini warna hijau gitu, beda sama kaldu varian lainnya yang pake MSG, warnanya merah. Entah ini sengaja lebih "green" karena lebih alami atau gimana, gak ngerti juga. Tapi so far

Resep Rarawuan Khas Sunda

Entah kenapa namanya disebuat "Rarawuan", kalau dalam bahasa Sunda "Rawu" itu artinya mengambil semua dengan seluruh jari tangan, mungkin kebalikan dari kata "comot", yang artinya kurang lebih diambil satu-satu, jadi menurut aku ya unik aja namanya..hehe Sebetulnya cemilan Sunda itu rata-rata sangat simpel bikin-nya, bahkan kadang hanya menggunakan 2-3 bahan, misal Rarawuan ini, sebetulnya bahan utamanya itu hanya tepung, kacang, dan kelapa parut. Di mana tiga bahan ini aja cukup sebetulnya, tapi kalau mau rasanya enak ya harus tambah bahan yang lain😁. Tapi ya bahannya ya standar-standar aja sih, dan pasti gampang di cari di warung sayuran. Kalau rasanya sendiri itu asin dan gurih, dan kalau kelapa parut nya banyak, akan terasa serat-serat kelapa parut nya yang menambah cita rasanya semakin enak. Ini jenis camilan yang mengenyangkan sih kalau menurut aku, dan juga sumber protein soalnya kan bahan bakunya pakai kacang. Jenis kacang nya itu kacang tolo, s

Review: Usagi Puff Gandum, Makanan Ringan Kaya Serat

Kegiatan ngemil emang sulit banget di hilangkan, khususnya buat aku.. apa lagi sambil nonton TV, gak berasa satu baskom popcorn abis (lebay..hehe). Kali ini aku pengen review salah satu cemilan baru (baru lihat maksudnya..). Namanya Usagi Puff Gandum, dari namanya lumayan bikin penasaran, gandum kalau dijadikan puff kaya apa ya. Selain itu gandum yang termasuk serealia, diklaim mengandung serat pangan yang cukup baik. (Usagi Puff Gandum) Kemasan, Harga, dan Informasi Nutrisi Sejauh ini aku cuma bisa temukan produk ini di supermarket dekat rumah dan di marketplace favorit aku disini . Dan iklannya juga tampaknya belum ada di TV, atau emang aku yang belum pernah nonton ya πŸ˜… Harganya cukup murah sekitar 7 ribu aja, kalau lagi promo, kadang bisa beli dua gratis satu. Harga segitu sih normal aja ya, sama aja kaya harga potato chips, dengan ukuran yang sama. Bungkusnya terbuat dari semacam plastik semi alumunium yang gampang ditekuk. Warnanya cukup ngejreng: orange. Mungkin ini merepresenta

Review: Gekikara Ramen Premium Extra Hot Chicken

Udah lama gak makan Gekikara Ramen, padahal ini salah satu mie ala-ala Korea-Jepang favorit aku, karena harganya relatif murah dibandingkan yang impor, dan rasanya sama-sama enak, and of course udah ada lebel halal. Ternyata untuk yang kali ini itu versi premium. Sebelumnya aku juga pernah review seri Gekikara Ramen lainnya, seperti Gekikara Remen Rasa Seafood Pedas Gekikara Ramen Goreng Extra Pedas (ini agak mirip ternyata beda),dan Nissin Gekikara Ramen Extra Hot Kuah . Awalnya agak feeling mungkin ini sama kaya yang dulu cuma beda kemasan, ternyata emang betulan beda, mulai dari tekstur mie, bumbu, dan lain-lain. Buat yang penasaran juga bisa beli di sini , kalo yang udah sering baca review aku pasti udah pada tahu kalo ini marketplace favorit aku, jadi jangan protes kalau aku keseringan belanja di tempat ini, dan hati-hati tar kamu kecanduan juga 😁 Daftar Isi : kemasan dan isi Jumlah kalori dan komposisi Rasa dan Aroma Kemasan dan isi Kalo dibandingkan sama kemasan lama,